Jakarta (06/05/24) – Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun 2024 di Jakarta. Rakornas dibuka langsung oleh Dirjen Bimas Islam, Prof. Phill. Kamarudin Amin, M.A. didampingi Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, H. Zainal Mustamin, S.Ag., M.A. dihadiri oleh perwakilan Ketua Pengurus Wilayah (PW) APRI seluruh Indonesia dan Pengurus Pusat (PP) APRI.

“Rakornas ini merupakan rapat lanjutan dari rapat kerja nasional yang sudah dilakukan tahun lalu. Dan Direktorat Bina KUA Keluarga Sakinah akan terus mendampingi APRI dalam menjalakan tugas dan program Bimas Islam secara khusus dan program pemerintah secara nasional,” ucap Zainal dalam sambutannya.

Madari menjelaskan ada 3 hal yang menjadi prioritas utama agenda Rakornas ini, diantaranya adalah pencanangan 2024 sebagai Tahun Integritas Penghulu, dukungan program prioritas Kementerian Agama dalam hal penanganan stunting dan juga evaluasi program kerja organisasi. Selain itu, Madari juga menyinggung terkait formasi Penghulu yang hingga saat ini belum diterbitkan Kemenpan-RB.

Lebih lanjut, Ahmad Syarif Hidayat selaku Ketua Panitia Rakornas berharap kegiatan ini selain menjadi wadah untuk silaturahim para pengurus wilayah se-Indonesia, juga merupakan kesempatan untuk merespon dan membahas isu penting terkait kepenghuluan dan Kementerian Agama.

Syarif berharap hasil rakornas ini dapat menghasilkan keputusan yang strategis dan solutif serta dapat memberikan sumbangsih nyata terhadap kemajuan pemikiran para Penghulu, memberikan kesejahteraan Penghulu dan berdampak positif terhadap transformasi Kementerian Agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *