Strategi Branding Digital Marketing dalam Pengaruh Media Sosial Badan Wakaf Al-Quran

Strategi Branding Digital Marketing dalam Pengaruh Media Sosial Badan Wakaf Al-Quran

ABSTRAK

Sebarkan cahaya Al -Qur’an sampai pelosok nusantara, begitu yang menjadi kata penting dalam memberikan kemanfaatan bagi manusia, bahwa dalam memberikan kemanfaatan melaui Al-Qur’an. BWA adalah filantropi Islam yang bergerak dan menjadi Pelopor Inovasi Wakaf. BWA menjadi jembatan kebaikan yang menghubungkan wakif (pewakaf) dengan pemetik manfaat wakaf. Penelitian ini mengungkapkan kegiatan – kegiatan dalam mendistribusikan wakaf ke Nusantara melalui media sosial. Peran strategi digital marketing yang dilakukan oleh BWA dapat memberikan pengaruh yang positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola strategi yang dilakukan oleh BWA dalam meningkatkan distribusi wakaf ke nusantara. Metode penelitian ini berisikan riset-riset buku, jurnal, dan media sosial BWA yang dapat dijadikan sumber informasi primer, sebanyak 100 triliun dalam satu tahun BWA menyalurkan wakafnya kebanyak orang. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan pentingnya media sosial dalam mengemas kegiatanya menjadi lebih baik dan menarik untuk mereka dapat memahami apa pentingnya wakaf.

Kata Kunci:  Strategi Digital Marketing, Wakaf, BWA

 

ABSTRACT

Spread the light of the Al-Qur’an to all corners of the archipelago, that is an important word in providing benefits to humans, namely in providing benefits through the Al-Qur’an. BWA is an Islamic philanthropy that operates and is a pioneer in waqf innovation. BWA is a bridge of goodness that connects waqifs (waqf people) with those who benefit from waqf. This research reveals activities in distributing waqf to the archipelago via social media. The role of digital marketing strategies carried out by BWA can have a positive influence. The aim of this research is to find out the strategy patterns implemented by BWA in increasing the distribution of waqf to the archipelago. This research method contains research from books, journals and BWA social media which can be used as primary sources of information, as much as 100 trillion in on year BWA gives its waqf to many people. The results of this research reveal the importance of social media in packaging their activities in a better and more interesting way so that they can understand the importance of waqf.

Keywords: Digital Marketing Strategy, Waqf, BWA

 

PENDAHULUAN

Sebarkan cahaya Al -Qur’an sampai pelosok nusantara, begitu yang menjadi kata penting dalam memberikan kemanfaatan bagi manusia, bahwa dalam memberikan kemanfaatan melaui Al-Qur’an menjadi salah satu tujuan utama bagi pengelola. Artikel ini mencoba menjelaskan tentang hidup di dalam perspektif ayat-ayat Al-Qur’an bahwa penting agar kita dapat memahami apa sebenarnya hakikat, arti, dan tujuan hidup yang kita jalani.

Tujuan hidup adalah aspek terpenting dalam makna hidup atau bisa disebut juga aspek yang membangun kebermaknaan hidup. Makna hidup adalah suatu yang luas dan dimana tujuan hidup ada di dalamnya. Makna hidup adalah hal-hal yang dianggap sangat penting dan berharga serta memberikan nilai khusus bagi seseorang sehingga layak dijadikan tujuan dalam kehidupan (the purpose in life). Tujuan hidup, yakni hal-hal yang perlu dicapai dan dipenuhi. Antara makna hidup dan tujuan hidup tidak dapat dipisahkan.

Peneliti menggunakan definisi dari Damon, Menon, dan Bronk yang mendefinisikan tujuan hidup sebagai keinginan jangka panjang yang stabil dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan untuk mencapai sesuatu yang bermakna secara personal dan mendorong seseorang untuk terlibat secara produktif dengan dunia luar.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh suatu negara dan sangat sulit untuk diselesaikan adalah masalah kemiskinan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan perubahan yang bersifat mendasar dan menyeluruh dengan penerapan hukum syara’yang sempurna, di antaranya dengan pengumpulan dan pendistribusian zakat sesuai ketentuan yang telah disyariatkan. Dengan mayoritas beragama Islam yang diyakini masyarakat seharusnya mendorong mereka untuk bersegera membayar zakat, di antaranya zakat harta.

BWA adalah filantropi Islam yang bergerak dan menjadi Pelopor Inovasi Wakaf. BWA menjadi jembatan kebaikan yang menghubungkan wakif (pewakaf) dengan pemetik manfaat wakaf. BWA juga mempermudah wakif untuk menyalurkan bantuannya hingga pelosok negeri. Sehingga dalam era moderen yang semuanya apa – apa digital, serba cepat, dan dapat diketahui oleh semua orang. Memanfaatak peran media digtal dalam upaya melakukan branding produk supaya masyarakat paham akan pentingnya berbagi wakaf yang belum diketahui oleh masyarakat.

Upaya wakaf yang di perankan oleh BWA dalam melakukan strategi pengaruh media sosial ini memberikan efek positif bagi pengelola dan masyarakat dalam menjalankan syariat. Wakaf akan terus menerus membara dengan banyaknya program sosial yang resmi oleh lembaga yang telah di percaya oleh masyarakat untuk berwakaf. Hal ini sejalan dengan lembaga BWA yang telah banyak sekali menyalurkan kegiatanya untuk dapat di terima oleh orang-orang yang membutuhkan, selain itu lembaga BWA ikut serta dalam menerima segala bentuk donasi dalam menumbuhkan program-program dan inovasi yang dapat menambah kegiatannya dalam berwakaf.

Menurut pendapat saya kegiatan ini dapat menciptakan suasana inovasi teknologi digital dalam pendistribusian dan penyaluran wakaf secara baik dan optimal. Strategi tersebut diterapkan dengan banyaknya kegiatan BWA seperti badan wakaf al quran, wakaf kemanusian, wakaf produktif, pertanian, nelayan, buruh dan juga uang. Menambah manfaat wakaf bagi kehidupan di akhirat.

Dalam kajian yang mendalam penulis menjelaskan pentingnya peran digital marketing saat ini untuk mengetahui literasi branding wakaf dalam memberikan pengaruh bagi media sosial, termasuk menjadi objek kajian penting pada penulisan artikel ini adalah tentang Badan Wakaf Al-Qur’an yang telah merambah ke seluruh pelosok nusantara. Maka penulis ingin menuliskan artikel dengan judul: “Strategi Branding Digital Marketing Dalam Pengaruh Media Sosial Badan Wakaf Al-Qur’an”

PEMBAHASAN

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *