Strategi Branding Digital Marketing dalam Pengaruh Media Sosial Badan Wakaf Al-Quran

Strategi Branding Digital Marketing dalam Pengaruh Media Sosial Badan Wakaf Al-Quran

1. Branding

Seseorang memiliki tujuan hidup akan mengembangkan keingin yang ingin di capai. Seseorang memiliki tujuan hidup untuk mengetahui ke mana mereka akan pergi, atau seperti mencari tujuan akhir dalam kehidupan. Seseorang yang memiliki tujuan hidup mendasari setiap tindakan mereka berdasarkan tujuan hidupnya. Bahwa adanya hubungan personal antara manusia dengan Tuhan atau suatu hal yang memiliki kewenangan secara absolut yang terdiri atas peraturan dan dogma yang berbeda secara imater.

Kelompok atau komunitas merupakan kumpulan dari individu-individu yang berkumpul secara ketergantungan dan mempunyai norma untuk mencapai suatu tujuan. Proses kelompok merupakan suatu tindakan atau suatu proses intervensi keperawatan komunitas yang dilakukan secara bersama-sama untuk membentuk sebuah dukungan sosial. Ungkapan Widyanto tentang adanya dukungan yang di dorong antar individu ke individu, keluarga terhadap individu, maupun kelompok terhadap individu untuk memberikan bantuan atau dukungan yang membuat individu merasa nyaman, dihargai, dan dicintai.

Hal ini adanya hubungan timbal balik antar satu anggota dengan anggota yang lain dan memiliki faktor yang dimiliki bersama seperti nasib yang sama, kepentingan, dan tujuan yang sama pula. Branding produk memperkenalkan adanya citra, rasa dalam suatu isi pesan yang disampaikan oleh pemilik produk, kekuatan dan kelemahan mereka tergantung pada inovasi dalam perencanaan, pengawasan, dan ketrampilan dalam memperkenalkan produk-produknya agar dapat di ketahui banyak orang-orang. dengan cara tersebut pengaruh branding dapat menciptakan popularitas nama bagi lembaga yang di pakai.

2. Badan Wakaf Al -Qur’an

Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) merupakan lembaga nirlaba yang digagas oleh Heru Binawan dan para ulama pada tahun 2005, Heru Binawan mengajak beberapa temannya untuk membuat sebuah lembaga sosial yang berfokus pada wakaf Al-Qur’an. Awalnya mereka memberikan nama lembaganya yaitu dengan nama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Badan Wakaf Al-Qur’an. Namun karena   terkendala dengan   pembuatan rekening mereka pun menghapus kalimat LSM pada nama tersebut, dan terbentuklah dengan nama Badan Wakaf Al- Qur’an. Namun saat ini, lembaga wakaf ini    membrending namanya dengan BWA. Gerakan wakaf Al Qur’an sudah mendistribusikan sekitar 1,8 juta Al Qur’an, sementara yang sudah terhimpun ada 2 juta Al Quran. Selain program wakaf Al Qur’an, BWA juga mempunyai program Tebar Cahaya Indonesia Terang untuk memberikan bantuan pembangkit listrik ke daerah terpencil, dan gerakan wakaf sarana air bersih.

Berikut beberapa program branding BWA yang banyak menyalurkan dan menerima sejumlah donasi oleh masyrakat, sehingga pola yang demikan sangat masyarakat rasakan melalui adanya program wakaf yang amanah, jujur dan bermanfaat.

https://drive.google.com/file/d/1c55qOBJcQSsa_87dmwXfSpqD_GQItzpS/view?usp=drive_link

Gambar 1. BWA

Program ini berhasil membagikan Al-Qur’ an mulai dari ujung timur Papua hingga ujung Barat Sumatera, BWA berhasil menelusuri daerah-daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan untuk meninggalkan jejak dengan silaturrahiim dan Al Qur’an. Dapat di amati gambar 1 menujukan beberapa informasi yang membagikan sejumlah Al-Qur’an dengan mendapatkan donasi wakaf mencapai 16.272.015 dengan target yang harus terpenuhi yaitu sejumlah 15.000.000.000. Beberapa hasil yang telah mendorong BWA mencapai taraf kemajuan dengan adanya program-program lanjutan yang telah mendorong BWA menjadi Badan Wakaf Al-Qur’an yang berdigital dalam pemanfaatan inovasi wakaf.

https://drive.google.com/file/d/1ZJyLMX_IiIglVW7nLfVMCdwA_54CBwvU/view?usp=drive_link

Gambar 2. Wakaf Orang Indonesia

Program Water Action for People adalah program wakaf untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia. lanjutan baru juga terdapat Program wakaf orang indonesia, program ini merupakan wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik.

Tujuannya yaitu selain mengalirkan aliran listrik program ini juga membina masyarakat pemetik manfaat dari wakaf cahaya listrik ini dengan pengetahuan ke Islaman, pemberdayaan ekonomi dan pengetahuan teksnis untuk pemeliharaan sarana pembangkit listrik tersebut. Wakaf Khusus merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Dengan program Wakaf Khusus ini,  BWA berusaha memahami, mendalami dan mencari.

Selain itu program bantuan terhadap nelayan juga di berikan untuk membantu pendapatan para nelayan yang terdapat kerusakan kapal yang dipakai untuk berlayar. Sehingga para nelayan dapat melaut kembali, kegiatan dapat dijalankan sejak banyaknya pengaruh media sosial yang dilakukan oleh admin BWA dalam membrending produknya agar dikenal banyak orang.

Berikut perhatikan Gambar 3. Wakaf kemanusian yang dapat menjadi bagian pada kehidupan kita untuk dapat memikirkan nasib dari mereka yang membutuhkan sekali pengobatan untuk kesehatan dan kesembuhan. BWA hadir dalam menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

https://drive.google.com/file/d/1uQBwI6UdENrFOrD3RbZrmePN-QnAzBGI/view?usp=drive_link

Gambar 3. Wakaf Kemanusian

Lihat kegiatan di bawah ini merupakan produk dari BWA dalam memberikan segala macam bantuan wakaf, baik uang, wakaf sosial dan ibadah serta wakaf berbentuk garapan sawah. Petani akan diberikan sejumlah bantuan untuk mengarap sawah atau ladang yang digunakan untuk dapat membantu kegiatanya yang mereka menganggur akan diberikan sejumlah bantuan modal untuk membagun kembali sawahnya.

https://drive.google.com/file/d/1e4Aw8C85lcHtLuA_22m2Xc4HFu-_UHfO/view?usp=drive_link

Gambar 4. Wakaf Pertanian

BWA memfasilitasi kaum Muslim membeli aset yang bernilai untuk diwakafkan untuk masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan kemaslahatan umum lainnya. Program tersebut banyak mendaapatkan dukungan dari masyarkat karena pengaruh BWA yang besar dalam memberikan segala yang di butuhkan masyarakat terpenuhi dan tercapai. Hal-hal ini dicontohkan bahwa jika penerima zakat tersebut tahu dan biasa berniaga maka kepadanya diberikan modal yang memungkinkan ia memperoleh keuntungan yang dapat memenuhi kebutuhan pokoknya.

2. Pentingnya Berwakaf Dalam Era Masa Kini

Zakat menjamin terciptanya keadilan ekonomi bagi masyarakat secara keseluruhan. Jadi dimensi zakat tidak hanya bersifat ibadah ritual saja, tetapi mencakup juga dimensi sosial, ekonomi, keadilan dan kesejahteraan. Zakat juga merupakan institusi yang menjamin adanya distribusi kekayaan dari golongan atas kepada golongan bawah. Kekhawatiran dan ketakutan bahwa zakat akan mengecilkan dan mereduksi capital formation masyarakat sangat tidak beralasan.

Pemanfaatan dana zakat yang dijabarkan dalam ajaran fiqih memberi petunjuk perlunya suatu kebijaksanaan dan kecermatan, dimana perlu dipertimbangkan faktor-faktor pemerataan dan penyamaan, kebutuhan yang nyata dari kelompok-kelompok penerima zakat, kemampuan penggunaan dana zakat dari yang bersangkutan yang mengarah kepada pengangkatan kesejahteraannya dan kebebasannya dari kemelaratan, sehingga pada gilirannya yang bersangkutan tidak lagi menjadi penerima zakat, tetapi akan menjadi pembayar zakat.

Gambaran yang diungkapkan di atas, mengantarkan kita kepada suatu pengertian bahwa landasan yang ditetapkan dalam zakat dimaksudkan untuk menanggulangi kemelaratan itu secara tuntas, dengan peningkatan kesejahteraan secara merata pada anggota masyarakat, sehingga pada setiap tahunnya jumlah para penerima zakat akan berkurang terus.

Di sisi lain, zakat mempunyai pengaruh besar pada kepribadian orang yang mengeluarkannya sehingga ia akan selalu berlapang dada dalam menghadapi Allah SWT, sebab ia telah memberikan sesuatu untuk kepentingan akhiratnya dengan meyakini bahwa setiap dirham atau dinar yang telah dinafkahkannya dalam bentuk zakat dan sedekah akan menjadi suatu kebaikan bagi dirinya

Zakat itu mempunyai dua aspek; yaitu pengeluaran atau pembayaran zakat dan penerimaan atau pembagian zakat. Yang merupakan unsur mutlak dari keIslaman adalah aspek yang pertama, yaitu pengeluaran atau pembayaran zakat bukan penerimaan zakat. Hal ini berarti suatu dorongan yang kuat dari ajaran Islam, supaya umatnya yang baik berusaha keras untuk menjadi pembayar zakat. Dengan kata lain harus mampu bekerja dan berusaha sehingga memiliki harta kekayaan yang melebihi kebutuhan-kebutuhan pokoknya sekeluarga, sehingga ia menjadi pembayar zakat, bukan penerima zakat.

4. Strategi Digital Marketing

Perkembangan digitalisasi sangat pesat dan memiliki dampak besar di berbagai sektor kehidupan. Beberapa tren utama yang terkait dengan perkembangan digitalisasi saat ini melibatkan teknologi terkini, transformasi digital, dan perubahan dalam cara kita bekerja, berkomunikasi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Banyak perusahaan yang sedang atau telah menjalani transformasi digital. Ini melibatkan adopsi teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat inovasi, dan merespons lebih cepat terhadap perubahan pasar.

Pengguna semakin terlibat dengan teknologi digital melalui platform media sosial, aplikasi mobile, dan pengalaman online yang ditingkatkan. Ini menciptakan tantangan baru sekaligus peluang untuk perusahaan dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Perkembangan teknologi membantu kita memperoleh informasi dengan cepat.

Teknologi membantu manusia mengembangkan kreativitas dalam pemasaran dan penjualan. Pemasaran produk mengalami peningkatan dengan menggunakan teknologi terkini. Manusia menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan keterlibatan teknologi. Merek dalam era digital memiliki ciri khas dan tantangan tersendiri yang berbeda dengan zaman sebelumnya. Dalam konteks digital, merek tidak hanya terbatas pada elemen-elemen.

 Dalam lanskap digital yang sangat kompetitif saat ini, memiliki strategi branding digital yang baik menjadi sangat penting bagi bisnis untuk membangun eksistensinya di dunia digital yang kuat dan dapat menarik audiens target mereka secara efektif. Strategi branding digital dan membangun strategi branding digital termasuk strategi untuk pemasaran media sosial, pembuatan konten, keterlibatan pelanggan, dan lain sebagainya.

Dalam memperkenalkan wakaf, BWA menggunakan website, media sosial instagram, youtube, dan facebook. Namun, media yang paling banyak menarik para pewakif berasal dari website dan instagram. Maka dari itu setelah mengetahui media yang efektif untuk menarik khalayak mengenal wakaf melalui akun official instagram @wakafquran, BWA berusaha memperindah akun instagram BWA supaya dapat menarik perhatian khalayak.

Dalam dunia digital yang serba cepat dan terus berubah saat ini, salah satu komponen terpenting dari strategi branding digital yang sukses adalah pemasaran media sosial. Dengan mayoritas populasi dunia aktif di berbagai platform media sosial, memanfaatkan saluran ini sangat penting untuk menjangkau dan terlibat dengan audiens.

BWA memanfaatakn peran media sosial untuk menaruh segmentasi pengguna sosial media. Menyoroti bahwa penguna media sosial sudah banyak sekali yang memiliki, mulai dari kaum muda, milienial bahkan tua. Mayoritas dari pengguna instagram merupakan kaum milenial. Maka dari itu bahasa yang digunakan oleh BWA merupakan bahasa yang mudah dicerna oleh kaum milenial pada umumnya.

Kalimat ajakan yang dituliskan pada caption menjadi salah satu cara untuk mengajak para pengguna instagram menjadikan wakaf sebagai gaya hidup. Untuk menarik para pengguna instagram membaca caption, maka gambar yang diunggahpun dibuat sedemikian menarik, dengan cara menggunakan warna dominan hijau tosca dan biru laut dalam setiap postingannya. Sehingga warna ini menjadi ciri khas dalam postingan instagram BWA. Inilah tentu bagi kita supaya mengenal wakaf dan manfaat wakaf sebagai tujuan hidup.

Untuk memperoleh strtegi yang efektif maka BWA membuat seluruh isi konten-kontenya dengan baru dan menarik, bahkan menambahkan publik figur untuk meyakinkan bahwa mereka menjadi lebih optimis untuk berwakaf karena banyaknya testimoni. Menurut penulis adanya pengaruh Postingan yang paling berdampak menarik pewakif dan dilihat oleh banyak akun instagram, yaitu postingan yang terkait dengan publik figur dan kegiatan distribusi Al-Qur’an. Hasil dari branding yang dilakukan oleh tim media BWA melalui instagram berdampak besar pula pada pendapatan dana wakaf yang mencapai milyaran.

PENUTUP

Dalam dunia digital yang serba cepat dan terus berubah saat ini, salah satu komponen terpenting dari strategi branding digital yang sukses adalah pemasaran media sosial. Dengan mayoritas populasi dunia aktif di berbagai platform media sosial, memanfaatkan saluran ini sangat penting untuk menjangkau dan terlibat dengan audiens. Selain media sosial, pembuatan konten memainkan peran penting dalam. BWA membuat seluruh isi konten-kontenya dengan baru dan menarik, bahkan menambahkan publik figur untuk meyakinkan bahwa mereka menjadi lebih optimis untuk berwakaf.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *